Artikel Terbaru

header ads

Ratusan Santri Siap Ikuti Daurah Santri Muasis NU


Ratusan Santri Siap Ikuti Daurah Santri Muasis NU

Sore nanti, ratusan santri dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur siap mengikuti Daurah Santri Muasis NU yang diselenggarakan oleh PW RMI NU Jawa Timur. Bertempat di pondok pesantren Siwalan Panji, Sidoarjo sekitar 258 siap mengikuti kajian untuk mendekatkan diri kepada para Muasis NU. Materi Qanun Asasi, beberapa kitab yang disusun oleh Muasis (pendiri) NU juga dibahas dalam daurah ini. 

Selain itu juga para santri akan diberikan beberapa ijazah do'a, awrad dari para muasis NU. Hal ini akan disampaikan oleh dzuriyah (keturunan) para muasis. Tradisi pemberian ijazah adalah sebuah tradisi pesantren yang berusaha menjaga dan merawat sanad keilmuwan dan amaliyah dari kyai kepada santrinya. Diharapkan para kader dan generasi NU dapat mengikuti jejak perjuangan para muasis NU di masa mendatang melalui kegiatan ini.

Pondok pesantren Siwalan Panji adalah salah satu pesantren tua di Jawa, di mana banyak muasis NU berguru di pesantren ini seperti KH Khalil Bangkalan, KH Hasyim As'ari, KH As'ad Samsul Arifin dan lainnya. Kamar KH Hasyim Asy'ari dan KH Khalil Bangkalan saat nyantri masih bisa disaksikan di pesantren ini. Melalui ini diharapkan para peserta dapat mengambil hikmah atas peninggalan sejarah para muasis, sehingga memberikan spirit kuat dalam khidmah di NU.

Renacananya acara ini akan dihadiri oleh para dzuriyah muasis NU, juga tokoh dan kader NU yang sudah lama berkhidmah di NU. Mereka dari jajaran pengurus PWNU Jawa Timur maupun PBNU. KH Khalil Yahya Staquf, Katib Am PBNU direncanakan hadir dan akan memberikan materi dalam daurah yang akan dilaksnakan dari tanggal 31 Januari sampai dengan 2 Februari 2020.

Posting Komentar

0 Komentar