Artikel Terbaru

header ads

UU Pesantren adalah Kemenangan Indonesia

UU Pesantren adalah Kemenangan Indonesia

Disahkannya RUU Pesantren menjadi UU Pesantren siang ini dalam Rapat Paripurna DPR RI disambut rasa syukur oleh para pengasuh pesantren.

Kyai Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur, juga pengasuh Pesantren Sabilurrasyad Malang, menegaskan bahwa disahkannya UU Pesantren pada hakekatnya adalah kemenangan Indonesia. Lebih lanjut Kyai Marzuki menjelaskan bahwa pesantren adalah lembaga pendidikan asli Indonesia yang merawat dan mengajarkan Islam dan cinta tanah air. Dengan undang-undang berarti negara mengakui pesantren secara legal formal. Segala aspek pendidikan, seperti kitab kuning, sistem pengajaran, kelulusan mendapat pengakuan formal dari negara.

Menjaga pesantren sebagai sistem pendidikan keagamaan Islam juga berarti menjaga tradisi serta merawat nasionalisme. Hal ini berarti Undang-Undang Pesantren merupakan bentuk upaya menjaga Islam di Indonesia tanpa menghilangkan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Dengan kata lain, Indonesia akan tetap terjaga melalui peran dan fungsi pesantren seperti selama ini telah dibuktikan dalam sejarah bangsa Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar