Artikel Terbaru

header ads

Dari Dulu, Sampai Sekarang, Pesantren Konsisten pada Nasionalisme

Di saat sebagian generasi muda saat ini melupakan lagu Indonesia Raya. Saat sebagian warga Indonesia meninggalkan upacara bendera, pesantren sebagai lembaga pendidikan khas Indonesia tetap menyelenggarakan peringatan Hari Kemerdekaan ke-74. Para kyai, pengasuh pesantren sejak dulu, bahkan sebelum kemerdekaan menanamkan rasa cinta tanah air kepada santrinya. Sebab cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Bahkan sampai saat ini, penanaman rasa cinta tanah air terus dilakukan di pesantren.

Meski pesantren bukan lembaga formal negara atau pemerintah, tetapi mereka melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan RI. Saat ini banyak pesantren, terlebih di bawah naungan NU, dalam wadah Rabithah Ma'ahid Islamiyah, upacara bendera peringata HUT RI menjadi sebuah kewajiban. Ada yang sederhana, ada yang meriah, ada juga yang membuat acara sedemikian menarik.

Melalui upacara tersebut, para santri diajak untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Apalagi, banyak kyai dan santri terlibat dalam perjuangan tersebut. Sebagai generasi penerus bangsa, melanjutkan perjuangan para syuhada adalah sebuah kewajiban yang harus dipikul para santri dan seluruh elemen bangsa Indonesia. Bagi para santri, Indonesia adalah warisan dari para kyai, oleh karena itu harus dijaga dan dibangun sekuat tenaga dan sebaik-baiknya.


Posting Komentar

0 Komentar