Artikel Terbaru

header ads

Bhakti Sosial RMI-NU Jawa Timur di Probolinggo

Desa Klenang Kidul Kec Banyar Probolinggo merupakan desa yang berjarak 20 km dari pusat kota, dengan akses jalan yang tidak terlalu besar. Sehingga daerah tersebut, tidak mudah untk mendapatkan akses layanan publik salah satunya adalah layanan kesehatan. Sehingga layanan kesehatan bagi masyarakat sekitar ponpes, maupun para santri  ponpes Bachrul Huda Desa Klenang Kidul Kec. Banyu Anyar Probolinggo, menjadi perhatian penting oleh RMI NU Jatim. 

Perhatian RMI NU Jatim diwujudkan dalam bentuk  baksos pelayanan  kesehatan ke-46  yang diprakarsai oleh RMI NU Jatim (Assosiasi Ponpes NU Wilayah Jatim), didukung oleh Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) dan Djarum Foundation. Tujuan utamanya adalah untk mendorong membantu masyarakat dalam bidang kesehatan. Baksos dilaksanakan pada hari sabtu  23 Maret 2019 dari jam 08.00 sd 13.00 wib. Sasaran utama pada kegiatan ini adalah  masyarakat yg berada di sekitar Ponpes BAchrul Huda Klenang Kidul Probolinggo. Kegiatan baksos ini, juga dalam rangkaian program  HARLAH Nadhdatul Ulama ke 96.

Baksos kesehatan di Ponpes Bachrul Huda  dihadiri Ketua yayasan Bachrul Huda  Ag Hilmy Thalib ( Gus Hilmy), Ketua MWC NU Banyu Anyar H. Muh Toha, Ketua Ponpes Mirchotul Ulum Liprak Kulon, Ketua panitia Busyairi S.Pd.I.  Juga beberapa kiyai dari ponpes Probolinggo dan Pengurus Ansor Banyu Anyar. serta perangkat polsek  dan Babinsa koramil.  

Pembukaan dilakukan oleh Ketua Yayasan Bachrul Huda Gus Hilmy. Dalam sambutannya, Gus Hilmy, biasa akrab disapa, mengatakan bahwa Ponpes Bachrul Huda sangat bersyukur dengan kegiatan ini, yakni layanan medis, bagi masyatakat srkitar ponpes dan para guru pembimbing serta santri ponpes. Karena posisi ponpes yang berada di pelosok, maka kesediaan tim YBSI-Djarum Foundation untuk hadir, sangat membantu .

Adapun Founder YBSI sekaligus koordinator kesehatan RMI NU Jatim menyampaikan bahwa RMI  NU Jatim adalah wadah untuk mengakomodir hal-hal yg dibutuhkan oleh ponpes , terutama terkait pada 3 hal utama: pendidikan, kesehatan daqn kewirausahaan. RMI NU Jatim akan selalu hadir bagi kemaslahatan umat.

Dalam kegiatan ini  selain dihadiri oleh Founder YBSI dr Hisnindarsyah Mkes MH SE CFEM, turut hadir  Ketua YBSI ibu Hj. Virly Mavitasari. Sedangkan hadir perwakilan Djarum Foundation yaitu Bapak H.Legowo Kadri, Bapak Yudha Ardiwinata dan Bpk Totok Widyanto serta perwakilan DF Probolinggo, Pak Febri  dan Pak Angga. KH Muh Toha selaku ketua MWC NU Banyu Anyar merasa sangat bersyukur atas kesinambungan program kesehatan ini karena memberi manfaat nyata keberadaan pesantren bagi msyarakat dan santri. Beliau sangat  terimakasih dan  berharap dengan adanya baksos ini , akan mampu menyadarkan santri akan arti penting menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena pada tubuh yang sehat, akan membuat santri dapat menimba ilmu dengan baik serta mengembangkan diri sebagai calon calon wirausaha muslim.

Pada kegiatan ini YBSI menurukan  8 orang dokter termsk 2 spesialis, 1 dokter gigi dan 10para medis dan 4 relawan diterjunkan untuk membackup kegiatan ini. Sekitar 412  orang pasien mendptkan pelayanan kesehatan dalam kegiatan ini.

===
Sumber: Koordinator bidang kesehatan dan Founder YBSI,  dr Hisnindarsyah Mkes MH SE CFEM, mengharapkan kesinambungan program ini dapat terus dijalankan di berbagai ponpes, karena sangat dibutuhkan dan langsung memberi manfaat bagi masyarakat.
(HSD/22022019)

Posting Komentar

0 Komentar