Artikel Terbaru

header ads

Bupati dan Masyarakat Lumajang Padati Baksos RMI-NU Jatim bersama YBSI-DF


Ratusan masyarakat yang berada disekitar ponpes Nurul Ihsan An Nur Desa Tempeh Lumajang, mengikuti baksos kesehatan ke 45  yang dibuat oleh RMI NU Jatim (assosiasi ponpes NU wilayah Jatim), Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku ( YBSI) dan Djarum Foundation  untk mendorong Gerakan Ayo Mondok, pada hari minggu 17  Februari 2019 dari jam 08.00 sd 13.00 wib.

Kegiatan  kali ini dilaksanakan ini menjadikan target terutama pada masyarakat yg berada di sekitar Ponpes An Nur  Tempeh Lumajang. Ponpes Nurul ihsan An Nur  merupakan salah satu Ponpes di wilayah Lumajang   Jawa Timur dengan jumlah santri mukim sebanyak 200 orang.

Kegiatan baksos ini, dirangkaikan dengan program PW RMI NU Jatim lainnya yaitu pelatihan Bantuan Hidup Dasar(BHD) santri husada (16/02/2019) dan pelatihan kewirausahaan dengan nara sumber direktur LKAS H. Abdul Adhim MM, Ning Fierda dengan nara sumber utama Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq MML.

Baksos kesehatan di Ponpes Nurul Ihsan An Nur ini dihadiri oleh KH Luthfi Hakim Ali dan KH Imron Fauzi selaku pimpinan ponpes An Nur Tempeh Lumajang. Juga beberapa kiyai dari ponpes Lumajang seperti Gus Syamsul Huda Ponpes Nuru Huda Tikung, KH Hasan Bisri Ronojiwo serta perangkat polsek  dan Babinsa koramil.  Pembukaan dilakukan oleh wakil ketua RMI Nu Jatim KH Melvien Zainul Asyiqien didampingi  H. Abdul Adhim MM. Dalam sambutannya, Gus Iim, biasa akrab disapa, mengatakan bahwa RMI NU Jatim adalah wadah untuk mengakomodir hal hal yg dibutuhkan oleh ponpes , terutama terkait pada 3 hal utama: pendidikan, kesehatan, kewirausahaan ponpes. RMI NU Jatim akan selalu hadir dan ada untk menghidupkan gerakan ponpes bagi kemaslahatan umat.

Sedangkan dari YBSI di hadiri oleh Founder YBSI dr Hisnindarsyah Mkes MH SE , sekaligus koord bidang kesehatan RMI Jatim dan Ketua YBSI ibu Hj. Virly Mavitasari. Turut Hadir perwakilan Djarum Foundation yaitu Bapak H.Legowo Kadri, Bapak Yudha Ardiwinata dan Bpk Totok Widyanto serta perwakilan DF Lumajang , Pak Fekky dan Pak Angga. Gus Fauzi ,selaku pimpinan ponpes sangat bersyukur atas kesinambungan program kesehatan ini karena memberi manfaat nyata keberadaan pesantren bagi msyarakat dan santri.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq MML menyampaikan terimakasihdan harapan agar program baksos  kesehatan, pelatihan santri husada dan kewirausahaan, terus digerakkan di ponpes ponpes khususnya di wilayah Lumajang.  Hal ini menunjukkan peranan RMI NU Jatim di wilayah terus bergerak bagi kepetingan santri dan masyarakat sekitarnya.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq  MML, berharap dgn adanya baksos ini , akan mampu menyadarkan santri akan arti penting menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena pada tubuh yang sehat, akan membuat santri dapat menimba ilmu dengan baik serta mengembangkan diri sebagai calon calon wirausaha muslim.

Acara ceremonial ditutup dgn penyerahan simbolis dari DF ke pengasuh Ponpes Nurul Ihsan An Nur  disaksikan YBSI dan RMI NU Jatim.

Pada kegiatan ini YBSI menurukan   5 orang dokter termsk 2 spesialis, 1 dokter gigi dan 15 para medis dan 6 relawan diterjunkan untuk membackup kegiatan ini. Sekitar 602  orang pasien mendptkan pelayanan kesehatan dalam kegiatan ini.

Koordinator bidang kesehatan dan Founder YBSI,  dr Hisnindarsyah Mkes MH SE CFEM, mengharapkan kesinambungan program ini dapat terus dijalankan di berbagai ponpes, karena sangat dibutuhkan dan langsung memberi manfaat bagi masyarakat. ( HSD/17022019)

Posting Komentar

0 Komentar